Rabu, 22 September 2010

Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif

Paragraf Deduktif

1. Sejak dini, siswa telah ditanamkan berpikir secara ilmiah. Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Bagaimana caranya? Misalnya, ajaklah siwa mengamati dan mencatat jenis dan jumlah tanaman toga yang ada di lingkungan sekolah. Pada saat siswa belajar di SMP. disini siswa diajak untuk bereksperimen kecil dengan membuat percobaan sederhana. Ketika siswa belajar di SMA, berpikir ilmiah lebih ditekankan pada pengerjaan pelatihan yang lebih bervariasi atau juga dapat mengembangkannya. Artinya, untuk belajar berpikir ilmiah, siswa tidak perlu menunggu menjadi mahasiswa yang belajar di universitas.

2. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga melawan penyakit jantung.

3. Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di desa Piungan, sampai saat ini warga desa Piungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang memakan nasi, itu merupakan sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan.

4. Setiap computer pasti memiliki system operasi, yang paling terbaru adalah windows 7 yang baru baru ini dirilis oleh Microsoft, windows 7 ini perkembangan dari system operasi sebelumnya yaitu windows vista. Sebelum windows vista keluar telah ada windows XP yang designnya lebih sederhana dibandingkan windows 7 atau windows vista karena grafis dari windows XP sendiri tidak begitu mencolok dan kerja dari processor tidak terlalu tinggi, kemudian ada pula system operasi linux yang mempunyai distro distro yang menarik seperti ubuntu, redhat, blank on, dan masih banyak yang lainnya.

5. Jerawat, atau acne vulgaris, merupakan masalah kulit yang dimulai ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori Anda. Beberapa orang menyebutnya komedo, jerawat, whiteheads, atau acne. Bila Anda memiliki hanya beberapa bintik-bintik merah, atau jerawat, Anda memiliki bentuk jerawat ringan. Jerawat parah dapat berarti ratusan jerawat yang dapat menutupi wajah, leher, dada, dan punggung. Atau bisa jadi lebih besar, padat, merah benjolan yang sakit (kista).

6. Pemakaian bahasa Indonesia di seluruh Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam. Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, dan ucapan terlihat dengan mudah. Pemakiaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan sering dikalahkan oleh bahasa daerah. Di lingkungan persuratkabaran, radio, dan televisi sudah terjaga dengan baik. Para pemuka kitapun pada umumnya belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Fakta-fakta di atas menunjukan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu ditingkatkan.

7. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya . Contohnya di pulau Sumatra yang terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bukan hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa, Kalimantan, dan juga pulau-pulau lainnya juga terdapat macam-macam suku dengan kebudayaannya.

8. Sampah yang setiap hari kita buang sebenarnya dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sampah organik, dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk. Contohnya, sisa makanan dan daun-daunan yang umumnya basah. Sampah anorganik adalah adalah sampah yang sulit atau tidak dapat membusuk. Contohnya, plastik, kaca, kain, karet, dan lain-lainnya.

9. Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional. Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku.

10. Setiap orang dilahirkan dan di besarkan di dalam lingkungan keluarga. Tak seorangpun yang tidak mengalami kehidupan di dalam keluarga. Pemeliharaan dan pembinaan seseorang anak adalah perwujudan cinta kasih kepada orang tua. Secara alamiah orang tua mempunyai rasa cinta kepada anak. Bagaimanapun keadaannya orang tua tetap akan memelihara dengan penuh kasih sayang terhadap anaknya.

Paragraf Induktif

1. Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa itu tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan tanahnya. Karena itu, tidak mengherankan jika panen di desa itu selalu gagal.

2. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi melalui televisi, waktu anak-anaak membaca buku sangat berkurang. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa televisi menyala rata-rata selama tujuh seperempat jam setiap hari. Padahal seorang dokter spesialis anak dan pakar peneliti dalam bidang perkembangan anak dari Universitas Harvard, dr. Berry Brazelton, mengemukakan baahwa satu jam merupakan batas menonnton maksimal bagi anak-anak usia lima sampai enam tahun. Lebih dari satu jam, tayangan-tayangan televisi menjadi semacam racun yang mereduksi kemampuan daya nalar dan kemampuan berpikir kritis dan ilmiah. Oleh karena itu, hal yang sangat diperlukan dalam membaca buku, selain ketersediaan buku, ialah waktu.

3. Jangan pernah mematikan komputer langsung dari stop kontak, stabilizer apalagi mencabut langsung kabel power komputer anda, karena kebiasaan tadi bisa merusak komputer baik dari segi Hardware maupun Software. Efek terhadap hardware komputer seperti harddrive rusak pada sektor-sektor tertentu atau bad sector akibat listrik mati mendadak, lalu efek terhadap software seperti hilangnya data atau rusak akibat kebiasaan tadi. Maka untuk mencegah hal itu terjadi baiknya selalu gunakan fitur “shutdown’ pada Komputer anda. Itulah tips mematikan komputer yang benar, agar tidak merusak perangkat keras/lunak komputer.

4. Jam meja yang biasanya berdering jam 6.00 untuk membangunkan aku sekali ini membisu karena lupa diputar. Akibatnya aku terlambat bangun. Cepat-cepat aku pergi ke kamar mandi. Ternyata sabun mandinya pun sudah habis, lupa membelinya kemarin sore. Mau sarapan tidak ada nasi untuk digoreng. Memilih baju, semua belum disetrika sehingga terpaksa memakai pakaian bekas kemarin meskipun sedikit bau. Sampai di pinggir jalan, kendaraan umum jurusan yang melewati sekolah selalu penuh. Akhirnya dapat juga yang kosong, tapi kemalangan tetap mengikutiku, di tengah jalan ban pecah dan harus diganti dulu. Baru saja melangkah menuju pintu gerbang sekolah, dasar musim hujan, hujan pun turun tanpa kompromi sehingga baju basah. Tidak hanya terlambat dan basah kuyup, aku pun kena semprot guru matematika dan tidak boleh masuk kelas. Sungguh sial nasibku hari ini.

5. Awalnya memang sepele, waktu anak muda Dukuh Picung sedang nongkrong di pinggir jalan, Anton bermaksud membeli rokok di dekat warung dekat tempat berkumpul anak muda tersebut. Tidak tahu sedang asik ngobrol entah bagaimana, pokoknya sapaan Anton tidak terdengar oleh mereka. Mereka pun merasa tidak dihargai dan langsung menghardik Anton. Anton yang merasa tidak bersalah mencoba membela diri. Tapi apa boleh buat Anton keburu dikeroyok dan terkapar tidak berdaya. Dari sanalah awal terjadinya tawuran antarwarga Dukuh Picung dan Gempol yang sampai saat ini sudah menelan sepuluh korban meninggal.

6. Memang waktu pulang Ahmad tergesa-gesa waktu ditelepon ibunya sakit. Padahal tadinya sudah rencana sepulang dari kantor akan membetulkan rem mobilnya yang sudah mulai tidak lancar. Waktu mengendarai kendaraan pun Ahmad kurang konsentrasi karena teringat pada ibunya yang sakit. Waktu angkutan kota di depan mobil yang dikendarai Ahmad berhenti mendadak mengambil muatan, Ahmad tidak dapat mengontrol laju kendaraannya dan akhirnya menabrak angkot yang mendadak berhenti. Karena lalu lintas sedang padat, maka tabrakan beruntun pun tidak dapat dihindari.

7. Kita harus membiasakan diri hidup sehat. Hidup sehat dimulai dari sikap cermat dalam segala hal. Salah satunya, kita harus cermat dan teliti ketika mengkonsumsi suatu Produk. Sebagai konsumen, kita harus teliti membaca petunjuk penggunaan atau aturan pakai yang ada dalam kemasan tersebut. Apalagi yang menyangkut dengan kesehatan. Karena kesehatan sangat penting dalam hidup kita.

8. Sebelum kita makan, kita harus mencuci tangan terlebih dahulu. Makanan yang kita makan harus terbungkus, jangan sampai membeli makanan di sembarangan tempat. Apalagi ini musim lalat, harus dijaga betul tentang pilihan makanannya. Menjaga kesehatan memang sangat penting daripada mengobati.

9. Berkaitan dengan kenakalan remaja dapat dikemukakan sebagai berikut. Sikap seorang remaja setidaknya ditentukan oleh tiga hal, yaitu pendidikan di dalam keluarga, pendidikan di sekolah, dan pendidikan di masyarakat lingkungannya. Pendidikan di sekolah lebih mengutamakan pendidikan ilmu pengetahuan. Pendidikan lingkungan sangat bergantung pada nilai-nilai yang ada di lingkungan remaja itu. Pendidikan lingkungan ini biasanya sangat mempengaruhi remaja untuk menjadi baik atau nakal. Pendidikan di rumah merupakan pendidikan nilai dasar dan pemantapan sumberdaya. Dengan demikian, dalam usaha menanggulangi kenakalan remaja, yang perlu diintensifkan ialah pendidikan di dalam keluarga dengan memperhatikan pula pengaruh lingkungan remaja.

10. Hari ini dirinya terlihat bijaksana sekali. Dengan berpakaian jas berwarna hitam, celana panjang berwarna hitam, kemeja berwarna putih, serta dasi yang dikenakannya. Tidak lupa sepatu berwarna hitamnya dan Tas kesayangannya yang ia jinjing. Saat ia pergi, yang terbayang di benak saya adalah bagaimana cara dia bekerja keras untuk menghidupi kami. Bila ia sedang tidak ada, kami merasa kehilangan canda tawanya. Setelah ia pulang, terlihat lelah di wajahnya, namun semua itu ia lakukan dengan sangat ikhlas. Dialah ayah saya yang saya sangat cintai.

Nama : Sandy Leo

Kelas : XI IPA 2 / 31


1 komentar: